Saturday, November 8, 2008

Wajar-wajar aja...




Di infotainment indonesia, sedang seru-serunya diberitakan bahwa Rizki vokalis band the Titans,lupa anak-istrinya karena sekarang dia sudah berhasil dalam karir.Seminggu kemudian cerita yang hampir sama terjadi juga pada pemenang indonesian idol 2008,Aris, yang dulunya pengamen sekarang udah berhasil eh malah tidak pulang ke rumah.Istrinya muncul di TV dengan bercucuran air mata mencari suaminya keliling apartment seluruh jakarta.

Cerita si kacang yang lupa kulitnya sudah menjadi cerita klasik yang selalu ada di sekitar kita,mungkin dalam versi yang lebih soft dan skala kecil.Contohnya, beberapa hari lalu mami bertemu teman mami yang dulu pernah susah banget, untuk membeli susu bayi suaminya sampai meminjam sejumlah uang pada papi.Dan banyak cerita sedih lain.Sekarang si ibu yang sudah kaya raya itu bercerita dengan semangat, katanya lagi berantem sama suaminya, dia merasa mobilnya (salah satu SUV cukup mahal keluaran tahun 2006) sudah ketinggalan jaman, dia minta dibelikan Toyota Alphard terbaru tapi belum dikasi sama suaminya.Mami cuma melongo mendengarnya, karena nggak nyambung.Please deh, Bu... Masih banyak orang kelaparan...nggak penting amat gitu loh.
Kemudian,Si Ibu memberi mami 'masukan' karena mami rata-rata cuma tidur 4 jam sehari, mami akan terlihat tidak segar dan cantik.Dia mencontohkan dirinya yang demi kecantikan tidur 10 jam sehari.O God! Mami cuma membatin, demi kecantikan atau males sih orang ini? Tapi ya demi sopan santun mami cuma mengangguk-angguk aja.Pembicaraan beralih pada suntikan kecantikan ini dan itu, biar kencang biar awet muda, biar sedot lemak.Mami heran, apa nggak ada yang lain ya dipikirannya selain memikirkan supaya tetap cantik dan kelihatan wah!Atau mungkin kalau orang kaya pikirannya udah tinggal itu aja kali ya! Nggak perlu mikirin yang lain.Eling Bu...eling!
Dari pada sumpek,sore hari pulang dari acara sosial yang melelahkan itu, mami langsung ngabur ke Marta Tilaar, tersenyum melihat wajah2 teraphist yang udah biasa menangani mami.Rasanya lega berada di tempat yang sepi lagi ,mami bisa luluran melepas semua kotoran sisa di proyek seharian ini, dipijat melonggarkan otot-otot dan mandi jacuzzi berbusa-busa.Hmmmm enaknya!Mami ngantuk-ngantuk hampir ketiduran,mami terbayang-bayang putri cantikku.Untung dia kunamakan Ajere yang artinya tidak lupa asal-usulnya...Jangan lupa ya Nak,
dari tanah kembali ke tanah...
Kita tidak membawa apapun juga saat kita datang ke dunia.
Wajar-wajar aja menjalani hidup...
Tertawa jangan terlalu keras waktu kita senang...
Menangis jangan terlalu keras waktu kita sakit...

2 comments:

Sondha said...

Jere... matamu itu lho, Nak..!! Jenaka banget.. Bikin Bou pengen segera terbang dari ke Samarinda.. Tunggu Bou libur yaa... Tapi maunya siyy agak lama biar puas mainnya...

Maria Kristianamurti said...

Sep lah,Bou!Ditunggu ya...Mudah2an bou datang kolam renang kami udah jadi.Sehingga bou bisa berenang2 sama ajere...